LILI

Instalasi Lili

Instalasi Lili merupakan instalasi tempat pengembangan ternak sapi bali. Instalasi ini terletak di desa Kuimasi, Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang, sekitar ± 39 Km dari Kota Kupang. Instalasi Lili di kelilingi oleh 2 desa yaitu Desa Camplong I dan Desa Kuimasi. Berdiri sejak tahun 1979 dengan nama Balai Pembibitan Ternak dan HMT, dibawah Dirjen Peternakan. Namun sejak tahun 2000, diserahkan ke Pemda Provinsi NTT. Instalasi Lili memiliki luas area 40 Ha terdiri dari 20 Ha kebun HMT dilokasi I dan 20 Ha dilokasi II terdiri atas 5 Ha kebun HMT, 12 Ha Padang penggembalaan dan sisanya 3 Ha adalah perumahan dan kandang hewan.

Pada Lokasi I : Keadaan topografi landai berkisar antara 0 – 15 %, tanah mengandung formasi allivium yang terdiri atas tanah-tanah lempeng pasiran berwarna hitam. Areal tersebut kedap air sehingga menyebabkan air mudah tergenang. Kondisi drainase jelek karena dilintasi oleh sebuah kali kering dimana pada musim hujan selalu terjadi banjir dan bila tidak dibersihkan alirannya maka akan merusak tanaman yang ada di lokasi.

Pada lokasi II : Didominasi oleh daerah dengan kemiringan 8 – 15 % dengan drainase cukup bagus dan tanah mengandung batu gamping terumbu yang dapat digunakan sebagai areal pertanian lahan kering dan pengembangan HMT jenis legum seperti turi, lamtoro dan gamal.