KABARU

Instalasi Kabaru.

Instalasi Kabaru terletak di Kabupaten Sumba Timur, Kecamatan Rindi, Desa Kabaru +94 km dari Ibukota Kabupaten Sumba Timur. Instalasi Kabaru berdiri sejak tahun 1979 yang dikelola oleh Balai Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak milik Dirjenak Jakarta, sejalan dengan Otonomi Daerah maka pada tahun 2000, lokasi ini diserahkan ke Pemda Provinsi NTT melalui Dinas Peternakan Provinsi dan saat ini menjadi salah satu instalasi di UPT Pembibitan Ternak dan Produksi Pakan Ternak. Instalasi Kabaru memiliki luas 520 Ha dengan kemiringan 0– 5 %. Jenis tanahnya adalah kombinasi formasi alluvial yang berbentuk batu gamping terumbu, sangat cocok untuk usaha pertanian irigasi serta pertanian lahan kering dan pengembangan hijauan pakan ternak.

Dalam lokasi Instalasi terdapat 5 buah sumber air yang terdiri dari 2 buah sumber air besar dengan rata – rata debit air 15 liter / detik dan 3 buah mata air kecil dengan rata – rata debit air 5 – 7 liter / detik Dari ke 5 buah sumber air dalam lokasi membentuk 2 buah sungai yang melintasi lokasi tersebut.

Kegiatan utama pada instalasi ini adalah pembibitan ternak sapi Ongole dan penanaman Hijauan Pakan Ternak serta penggaduhan ternak sapi dengan petani mitra sekitar instalasi sejak tahun 2007.

Pembibitan ternak sapi sangat potensial untuk dikembangkan pada instalasi ini dengan jumlah yang lebih banyak didalam pedok maupun dengan petani mitra sekitar instalasi.