Kontribusi UPT PT dan PPT dalam Pengawasan Kurban

Idul Adha merupakan salah satu Hari Raya Penting bagi Saudara-Saudara kita yang beragama Muslim. Moment Idul Adha ini memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Ismail sebagai wujud kepatuhan kepada Allah. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. Untuk memperingati kejadian ini, hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahun.

Berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan, kegiatan penyembelihan hewan kurban setiap tahunnya harus dilakukan di bawah pengawasan dokter hewan berwenang. Tujuan dari pengawasan ini adalah agar menjamin hewan kurban tersebut layak dipotong dan memenuhi syarat ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

Setiap tahunnya, para dokter hewan dari UPT Pembibitan Ternak dan Produksi Pakan Ternak selalu terlibat dalam kegiatan pemeriksaan hewan kurban. Kegiatan rutin ini terlaksana atas kerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Kupang sebagai koordinator kegiatan, Dinas Peternakan Provinsi NTT, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana, Politeknik Pertanian Kupang dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang NTT.

Pelaksanaan pemeriksaan dilakukan dalam 2 kegiatan utama yaitu pemeriksaan antemortem (AM) dan pemeriksaan postmortem (PM). Pemeriksaan antemortem adalah pemeriksaan fisik ternak sebelum penyembelihan untuk memastikan ternak dalam kondisi sehat dan memenuhi standar kelayakan untuk disembelih, sedangkan pemeriksaan postmortem adalah pemeriksaan setelah ternak disembelih untuk memastikan karkas dan jeroan ternak layak untuk dikonsumsi.

Selamat Hari Raya Idul Adha ! Semoga Allah mengaruniakan sukacita dan pengampunan Ilahi-Nya sebagai imbalan atas pengorbanan kita 🙂

(P.J.N admin UPT 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s