“MINERAL BLOK sebagai Teknologi Pakan Ternak Ruminansia”

Pakan merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangbiakan ternak. Dimusim kemarau produktifitas ternak menurun karena ketersediaan pakan yang rendah baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Kondisi ini seharusnya tidak perlu terjadi, mengingat banyaknya teknologi pengolahan pakan yang sudah sejak lama dikembangkan. Teknologi-teknologi tersebut memungkinkan pakan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengurangi kualitas pakan itu sendiri.

Salah satu jenis teknologi pengolahan pakan yang mulai dikembangkan oleh UPT Pembibitan Ternak dan Produksi Pakan Ternak melalui Seksi Produksi dan Pengembangan Pakan Ternak adalah Blok Suplemen Pakan Gula Lontar (BSPGL) atau juga dikenal sebagai Mineral Blok. Keuntungan dari kegunaan teknologi ini adalah membantu meningkatkan kemampuan ternak ruminansia dalam mengkonsumsi rumput kering dan limbah pertanian yang berserat kasar tinggi ,sehingga konsumsi pakan meningkat.

Bahan—bahan yang digunakan untuk membuat Mineral Blok merupakan bahan pakan lokal yang mudah didapatkan dan selalu tersedia sepanjang tahun, namun pemanfaatannya sebagai pakan ternak ruminansia belum optimal. Antara lain Putak, Lamtoro, Gamal, Gula Lontar, Dedak Padi. Dengan komposisi sebagai berikut:

NoBahanPersentase (%)Jumlah (kg)*
1Gula lontar (cair)404
2Tepung daun gamal/lamtoro151,5
3Dedak padi/tepung putak202
4Urea90.9
5Kapur80.8
6Garam dapur80.8
TOTAL10010

Dengan pembuatan Mineral Blok atau BSPGL, diharapkan selalu ada persediaan pakan  bernilai gizi tinggi yang tercukupi kuantitasnya dimusim kemarau sehingga ternak  tetap bias makan enak walaupun di musim kemarau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s